Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Search

Powered By Blogger

Rabu, 22 Mei 2013

Wanita Ini Terlahir dengan 4 Ginjal



Surrey, Inggris, Manusia umumnya terlahir dengan dua buah ginjal, yang terletak di sisi kiri dan kanan tubuh. Tapi tidak pada tubuh Jessica Curphey, kondisi sangat langka membuat wanita ini memiliki 4 buah ginjal yang sudah ada sejak ia lahir.

Jessica Curphey (20) dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sakit yang luar biasa di sisi kanan tubuhnya. Beberapa minggu sebelumnya, dokter mendiagnosis infeksi urine dan meresepkan antibiotik.

Namun hasil scan di Surrey's St Helier Hospital menunjukkan bahwa ada kista berukuran 17 cm pada ginjal kanannya. 11 hari kemudian, pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa Jessica memiliki dua ginjal di sisi kanannya, juga satu ginjal lain yang tadinya dikira kista. Karena sudah rusak cukup parah, dokter pun menyarankan untuk melakukan operasi.

Nah, selama operasi itulah dokter menemukan ada ginjal lainnya, yang berarti Jessica memiliki 4 buah ginjal. Kondisi ini sangat langka dan merupakan 'hak' istimewa memiliki ginjal dengan jumlah ganda.

"Saya kira aneh tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh Anda sampai sesuatu terjadi," ujarnya, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (22/5/2013).

Konsultan ahli bedah urologis, Robyn Webber, mengatakan memiliki tiga ginjal pada satu sisi tubuh sangat jarang terjadi. Menurutnya, hanya kurang dari 100 kasus serupa yang pernah dilaporkan.

Selama operasi, dokter menguras lebih dari 2.000 ml cairan dari ginjal ketiganya yang rusak dan terinfeksi. "Jess tidak pernah sakit sebelum ini. Karena ginjal ini begitu parah dan rusak oleh infeksi, konsultan urolog memberitahu bahwa satu-satunya solusi adalah mengangkatnya," jelas sang ibu, Alison (45).

Setelah ginjal yang rusak dioperasi pada bulan Juni tahun lalu, Jessica kini mengumpulkan uang untuk Kidney Research UK.
sumber : health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Daftar Blog Saya